Rabu, 15 Januari 2014

Agar Tidak Jetlag Usai Naik Pesawat

Hai para SaRa (Sahabat Tiara). Kali ini Tiara akan membahas tentang agar tdak jetlag usai naik pesawat. Diantara para SaRa pasti ada, dong, yang pernah ke luar negeri, kalau menurut Tiara, mungkin paling banyak pada pergi ke Malaysia, Singapura, atau Filipina. Nah, sebagai yang berpengalaman, mungkin aku bisa memberi tips. Sekarang kita akan ulas semuanya! Cek up to the new post!!

Jetlag atau mabuk usai melakukan perjalanan menggunakan pesawat adalah kondisi dimana tubuh mengalami gangguan jam tidur akibat perbedaan waktu dan tempat tujuan. Semakin banyak melintasi zona waktu, semakin besar kemungkinan jetlag. Gejala-gejala jetlag yang dapat dialami, seperti pusing, mual, letih pada siang hari, susah tidur, dehidrasi, sulit berkonsentrasi, bad mood, serta masalah pada pencernaan (sembelit atau diare). Hal ini terjadi karena tubuh berusaha beradaptasi dengan perbedaan waktu dari tempat kita biasa tinggal. Sudah jelaskah? Mari kita ulas tentang cara mencegahnya..

Yang harus dilakukan agar tidak jetlag usai naik pesawat
- Aturlah jam makan. Kita pasti akan merasa enggak nyaman jika kita harus menukar jam makan. Supaya enggak kaget, kita bisa melatihnya dahulu satu hari atau lusa sebelum pergi ke tempat itu. Misal, kita akan pergi ke Amerika (beda 11-12 jam) maka biasakan sarapan di malam hari atau sebaliknya.
- Istirahat cukup. Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya tidur yang cukup. Sebab, kurang tidur akan menyebabkan jetlag dan pusing saat berada di pesawat. Atau jika memang bisa, sebaiknya tidurlah selama perjalanan di pesawat.
-  Perbanyak minum air putih. Cukup minum air putih bisa mencegah dehidrasi selama dalam pesawat.
-  Lakukan peregangan. Selama perjalanan di pesawat kita bisa melakukan peregangan otot kaki, tangan, punggung dan leher. Selain bisa mengusir kebosanan, peregangan juga dapat membuat tubuh lebih rileks.
-  Konsumsilah makanan yang banyak serat. Selain makan makanan bergizi, konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat, seperti sayuran dan buah-buahan agar pencernaan kita menjadi lancar.
-  Nikmatilah perjalanan. Nggak perlu tegang selama dalam pesawat, terutama saatpesawat akan take off maupun landing. Sebab, stres dan ketegangan justru bisa memicu kita jetlag. Nah, untuk mengalihkan ketegangan kita bisa nyemil snack, tidur, atau berbincang dengan orang di sebelah kita.

Apakah sudah jelas SaRa? Oke, salam untukmu ya .... Byee!! Jika ada yang tidak mengerti, boleh tanya, kok, lewat komentar!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar